Kesehatan 230 Kuda Diperiksa Jelang Asian Games

By Admin


nusakini.com - Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta telah melakukan pemeriksaan kesehatan 230 ekor kuda yang ada di Ibukota. Pemeriksaan kuda dilakukan sebagai persiapan menyambut Asian Games 2018 mendatang.


Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, pihaknya sudah mengambil sampel darah 230 ekor kuda untuk memastikan tidak ada penyakit yang bisa menularkan ke kuda lainnya.


"Populasi kuda di DKI hanya ada sebanyak 230 ekor saja. Jadi pemeriksaan dilakukan satu per satu. Semua kami ambil sampel darahnya," ujarnya


Menurut Darjamuni, berdasarkan hasil pemeriksaan, seluruh kuda yang ada di Jakarta dinyatakan sehat. Saat ini hasil kesehatan tersebut tengah dikirim kepada panitia Asian Games untuk diteliti.


"Kalau hasil pemeriksaan semua sehat. Sekarang kami sedang menunggu hasil penelitian yang kami kirimkan ke panitia," ucapnya.


Darjamuni menambahkan, pemeriksaan kuda tidak hanya dilakukan di Jakarta saja. Tetapi juga di Jawa Barat dan Banten. Hal ini merupakan persyaratan untuk mendapatkan sertifikat Equine Disease Free Zone (EDFZ).


"Untuk di Jawa Barat dan Banten masih dilakukan pemeriksaan. Populasinya diperkirakan mencapai ribuan ekor," tandasnya.(pr/kj/al)